November 24, 2019

Tips Esensial untuk Perawatan Rambut Pasca Transplantasi Rambut

Mendapatkan transplantasi rambut adalah keputusan besar dan bukan keputusan yang harus Anda lakukan secara ringan – jika Anda telah kehilangan rambut terus-menerus, maka Anda perlu berbicara terlebih dahulu dan terutama dengan profesional yang berkualifikasi. Setelah pemeriksaan menyeluruh, dokter harus dapat memberi tahu Anda apakah Anda kandidat yang cukup baik untuk transplantasi rambut atau tidak. Sangat menarik untuk dicatat bahwa hanya karena Anda kehilangan rambut, Anda tidak harus menjadi kandidat untuk transplantasi – untuk transplantasi Anda harus memiliki area donor dan penerima yang jelas. Selain itu, dan yang lebih penting, rambut rontok Anda harus stabil, karena jika Anda masih kehilangan rambut, tidak ada gunanya transplantasi, karena rambut Anda akan terus rontok.

Katakanlah Anda dicentang sebagai kandidat yang cocok untuk transplantasi dan prosedur Anda dilakukan tanpa kesalahan, masih ada banyak hal yang bisa salah – masih ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut Anda tidak tumbuh jalan Anda berharap itu akan memposting transplantasi. Ada beberapa tips penting yang perlu Anda ingat jika Anda ingin pertumbuhan rambut Anda menjadi sangat baik setelah transplantasi. Dengan mengingat tips perawatan pasca operasi ini untuk pertumbuhan yang lebih baik, Anda tidak hanya dapat memastikan bahwa Anda memiliki rambut yang baik, tetapi Anda juga dapat memastikan bahwa transplantasi Anda ‘melekat’.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ingat segera serta di hari-hari setelah transplantasi:

Bahkan sebelum prosedur dimulai, Anda akan diberikan daftar dos dan larangan dan sangat penting untuk mengingat semua ini dalam jam dan hari yang mengikuti prosedur. Di sebagian besar klinik, Anda akan diberikan versi cetak dari semua instruksi ini, karena kemungkinan orang lupa instruksi ini umumnya tinggi.

Segera setelah prosedur Anda selesai, Anda harus meminta seseorang mengantar Anda pulang, di mana Anda harus beristirahat sebanyak mungkin, sampai keesokan paginya. Yang terbaik adalah Anda tidak mengemudi sendiri, karena sedasi atau anestesi Anda mungkin tidak hilang dengan baik. Setidaknya selama tiga malam pertama, Anda harus tidur dengan kepala sedikit terangkat, karena ini akan membantu menjaga pembengkakan di teluk.

Untuk beberapa minggu ke depan, Anda akan diminta untuk menjauhkan diri dari alkohol serta merokok dan Anda harus melakukan hal yang sama. Anda juga akan diminta untuk menghindari obat-obatan yang mengandung aspirin, karena ini adalah pengencer darah dan mengkonsumsinya dapat menyebabkan masalah dengan penyembuhan. Sangat penting bagi Anda untuk memberi tahu dokter bedah transplantasi Anda tentang apa saja dan semua obat yang mungkin Anda gunakan secara teratur, karena jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun, Anda mungkin diminta untuk menghindarinya selama beberapa hari. Bergantian, dokter bedah dapat meresepkan Anda beberapa obat lain yang dapat Anda gunakan sampai waktu efek transplantasi telah meresap.

Jika ada pendarahan, yang merupakan salah satu efek samping umum setelah transplantasi rambut, cukup berikan tekanan lembut dan stabil sampai perdarahan berhenti. Dalam kebanyakan kasus, perdarahan akan berhenti dalam beberapa menit, tetapi jika tidak, Anda harus segera menghubungi ahli bedah transplantasi Anda.

Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan solusi steril yang akan diberikan atau diresepkan kepada Anda. Solusinya akan membantu menjaga cangkok tetap bersih dan terhidrasi, sesuatu yang penting agar cangkok tetap sehat dan mengarah pada pertumbuhan rambut yang lebih baik di masa depan. Jika Anda telah diresepkan salep, Anda harus menerapkannya terlalu religius.

Meskipun Anda harus menghindari kerja keras dan berolahraga selama setidaknya satu minggu, Anda harus dapat mengembalikan rutinitas rutin Anda dalam satu atau dua hari. Namun, setiap kali Anda melangkah keluar, pastikan Anda menjaga cangkok Anda terlindungi karena kotoran dan polusi dapat membahayakan implan baru dan menyebabkannya terlepas. Kotoran juga dapat menyebabkan infeksi, yang dapat menyebabkan masalah.

Jangan menyentuh area donor secara tidak perlu dan jika Anda harus menyentuhnya, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun atau desinfektan terlebih dahulu. Sehari setelah operasi Anda akan diminta untuk mencuci rambut Anda, tetapi Anda harus membayar banyak perhatian saat melakukannya. Misalnya, jangan biarkan air mengenai cangkokan secara langsung, karena ini dapat menyebabkan copot. Gunakan cangkir air untuk dengan lembut menuangkan air ke kulit kepala dan hanya menggunakan ujung jari Anda, cuci area di sekitar cangkokan.

Ahli bedah transplantasi Anda akan memberi tahu Anda berapa hari Anda perlu menghindari produk dan alat penataan rambut dan Anda perlu memastikan bahwa Anda mengingat hal yang sama. Anda akan diminta untuk menghindari alat penataan panas selama sekitar 15 hari dan produk rambut seperti semprotan rambut dan gel selama sekitar 10 hari. Pewarnaan dan pemotongan harus dihindari sampai saat kerak jatuh.

Seiring dengan semua tindakan pencegahan yang dokter katakan kepada Anda, ada beberapa upaya yang perlu Anda lakukan sendiri. Anda perlu memastikan bahwa Anda hanya menggunakan produk yang disetujui oleh dokter Anda. Tidak peduli seberapa besar Anda suka menata rambut, hindari sampai waktu yang Anda inginkan